Dampak Buruk Merokok Bagi Tubuh Kita

Inner Power. Kayaknya sih, sampai hari ini blom ditemukan dampak bagus dari merokok kecuali bagi produsen dan pedadangnya. Meskipun sudah banyak himbauan dan peringatan akan bahayanya, tetapi tetap saja kita orang pada merokok. Alasannya untuk mendapatlan kenikmatan. Bukannya masih ada cara lain yang lebih aman untuk memacu otak dan mendapatkan kenikmatan di luar kebiasaan merokok?

Tar, Nikotin, zat dan gas kimia yang dikandung rokok sudah menjadi rahasia umum berpotensi membenihkan sekian penyakit. Di bungkusnya saja sudah ada peringatannya. Lagian komposisi bahan kimia yang ditambahkan untuk menambah laju masuknya nikotin ke otak (agar rasa nikmat lebih cepat terasa) berpotensi membahayakan perokok itu sendiri.

Saat ini di pasaran emang banyak ditemui rokok “Mild” atau “Rokok Ringan” yang mengklaim memiliki kandungan Tar dan Nikotin lebih rendah. Tetapi tetap saja gas yang ditimbulkan sebagai efek samping merokok berpotensi membahayakan bagi si perokok (aktif) dan bagi orang disekitamya (pasif).

Banyak terdapat penyakit kaum perokok. Menurut penelitian ada 10 tipe kanker yang disebabkan oleh rokok. Nah lo. Selain itu disebutkan juga bahwa pria perokok akan meninggal 13,2 tahun lebih muda dibandingkan yang bukan perokok sedangkan wanita perokok meninggal 14,5 tahun lebih muda.

Merokok dapat menyebabkan kanker mulut, pita suara dan esofagus. Wanita perokok memiliki kemungkinan 13 kali lebih tinggi kena kanker paru paru dibanding yang tidak merokok. Sedangkan pria perokok 23 kali lebih tinggi terkena kanker paru paru dibanding yang tidak merokok.

Kanker perut dan lambung, kanker ginjal, kanker pankreas, bila fatal dapat menyebabkan diabetes mellitus I kencing manis, kanker leher rahim, kangker darah/Leukemia. Weleh!

Perokok beresiko 3 kali lebih tinggi menderita katarak yang dapat menyebabkan kebutaan. Rokok dapat menjadi penyebab utama terjadinya stroke dan kerusakan otak. Perokok beresiko 10 kali lebih tinggi menderita periodontitis (gusi terbakar yang mengarah ke infeksi) sehingga dapat merusak jaringan halus dari tulang.

Dampak lainnya dapat terjadi pneumonia, bronchitis, asthma, batuk kronis, gagal jantung, serangan jantung, hipertensi, dan stroke. Kemandulan, bayi lahir prematur, bayi lahir berat badan kurang (BBLR) dan ganguan pernapasan. Keren keren namanya ya, Bro?

Untuk mencegah dampak buruk dari masuk dan tertimbunya bahan berbahaya rokok ke dalam saluran pernapasan, sebaiknya perokok mengkonsumsi sumber sumber Chlorophyl dan antioxidan secara teratur. Tidak lupa tentunya saran yang paling tepat adalah mulai berubah, mengurangi, dan menghilangkan kebiasaan hidup yang kurang baik seperti merokok.

bahaya-merokok

Ada pengalaman anda tentang rokok?

powered by : crystal x

Posted on Maret 10, 2008, in Renungan, Umum and tagged , . Bookmark the permalink. 87 Komentar.

  1. saya punya cerita menarik tentang konstruksi bahaya merokok dan sejarahnya. untuk lebih jelasnya baca di sini; http://puspek-averroes.org/2008/04/06/kontruksi-kebenaran-tentang-dampak-merokok/
    anda akan melihat bagaimana rokok itu diproduksi dan menjadi seni dalam merokok.
    kunjungi juga di http://www.jendelapemikiran.wordpress.com

    edhenk

  2. ikut link rokoknya yaaa……

  3. ih…atut…Q kurang lebih dah 7 tahun merokok.malah sekarang sudah jadi pecandu.gimana caranya agar bisa menghilangkan kebiasaan tersebut.maklum dah banyak cara tetapi tetep aja gak bisa.

  4. lo om saya perokok berat loo… :D
    # lha kan dari uin malang, nggak heran kalo juga bercita cita jadi ahli hisab ;-)

  5. sebenarnya banyak sih keuntungan merokok, selain menjalankan 3 program pemerintah, seperti 1.Menambah Devisa Negara, 2.Mengurangi Pengangguran, Dan 3.Mengurangi Penduduk…
    Jadi Lebih baik rokok itu terus dijalankan hanya saja kita harus mencri jalan untuk mengurangi kadar nikotin yang terkandung didalam rokok tersebut, atau bila perlu dimasukkan sedikit Vitamin-vitamin kedalam kandungan rokok tersebut, supaya program pemerintah terus berjalan, bayangkan saja seumpanya rokok tidak ada otomatis pengangguran bertambah banyak, apalagi untuk dokter, bisa gak ada pasien…
    thanks.. itu saja….

    • Weleh
      Tapi coba bayangkan bila bangsa kita terbebas dari industri rokok, mutu kesehatan meningkat, anak-anak menjadi lebih cerdas, dsb
      Otomamtis bangsa kita akan maju juga
      Kalau soal devisa dan pengangguran sih saya rasa bisa diatasi bila bangsa ini sudah menjadi bangsa yang cerdas
      Tolong jangan berpikir pendek

  6. nah lo, mkn’y jng ngerokok!!!! kn dh sring diblangin!!! lo dh tw resiko’y…ngapain diulangi lgi……ya kan??!?!?!?! cukup mereka yg mrasakan dampak’y!!!!!!!

    • LLLLL
      LLLLL
      LLLLL
      LLLLL
      LLLLL
      LLLLLLLLLLLLLLL
      LLLLLLLLLLLLLLL

      IIIIIIIIIIIIIII
      IIIIIIIIIIIIIII
      IIIIIIIIIIIIIII
      IIIIIIIIIIIIIII
      IIIIIIIIIIIIIII
      IIIIIIIIIIIIIII
      IIIIIIIIIIIIIII

      KKKKK KKKK
      KKKKK KKKK
      KKKKK KKKK
      KKKKK KKKKK
      KKKKK KKKK
      KKKKK KKKK
      KKKKK KKKK

      EEEEEEEEEEEEEE
      EEEEEEEEEEEEEE
      EEEEE
      EEEEEEEEEE
      EEEEEEEEEE
      EEEEE
      EEEEEEEEEEEEEE
      EEEEEEEEEEEEEE

  7. obrin syahrial, S.Psi

    sebenarnya kalau kita bicara rokok, maka hal yang terpintas adalah kebiasaan buruk. karena DILIHAT DARI SEGI APAPUN ROKOK LEBIH BANYAK NEGATIF NYA DARIPADA POSITIF NYA. tapi semua itu berpulang ke kita……kalau demikian itu semua adalah hak kita bila tetap memilih merokok namun kita ssebagai makluk sosial yang hidup dengan orang banyak pernah tidak berfikir bahwa perilaku n kebiasaan kita itu berdampak kepada orang lain terutama dampak negatif yang lebih banyak membahayakan dan merugikan kesehatan.

  8. jangan coba coba untuk merokok ntar kena akibatnya baru tahu rasa . lebih baik hidup sehat tanpa rokok dari pada merokok menyusahkan.

  9. untung aja co w ga ngrokok, , , ,

  10. hihhh………..ngeri banget bagi pembaca jangan coba2 merokok apalagi yang perempuan bisa gagal kehamilan hihi………….serem ..!!1!

  11. BAGI ORANG – ORANG YANG BAIK SEHARUSNYA JANGAN LAH KITA MEROKOK KARENA BERAKIBAT FATAL …………………….!!! SPRT AKIBAT YANG BURUK DIATAS JANGAN DIJADIKAN SBG TELADAN ………………….!!!

  12. nindia aditia putra

    merokok tu menurut ku, tidak ada sisi positifnya. tp dalam rokok itu ada nikotin za, yang terkadang setelah menghisap rokok itu menjadi tenang. tp setelah aku pelajari rokok itu gudang nya penyakit. tetapi sebagian besar penduduk indonesia jga konsumerisma terhdap rokok, baik dari lapisan menengah k bawah atau menengah k atas. Tetapi sayangnya negara indonesia tidak berani untuk menutup atau membuat UUD di larang merokok karena pajak rokok sangat tinggi untuk negara. tetapi efek efek yang ditimbulkan rokok sangat merugikan

    Ada kok sisi positifnya. Nih
    1. Ga’ bakal kemalingan, secara tiap malam batuk mulu dan dikira masih berjaga.
    2. Ga’ bakalan digigt anjing. Perokok berat kalo dikejar anjing, ngos-ngosan, berhenti dan jongkok. Anjing takut sama orang jongkok.
    3. Ga’ pernah merasa tua. Katanya sih, perokok berat pada mati muda.

    • hahahaha
      lucu deh sisi positifnya..
      salut2….^^b

    • Banyak terdapat penyakit kaum perokok. Menurut penelitian ada 10 tipe kanker yang disebabkan oleh rokok. Nah lo. Selain itu disebutkan juga bahwa pria perokok akan meninggal 13,2 tahun lebih muda dibandingkan yang bukan perokok sedangkan wanita perokok meninggal 14,5 tahun lebih muda.

      Merokok dapat menyebabkan kanker mulut, pita suara dan esofagus. Wanita perokok memiliki kemungkinan 13 kali lebih tinggi kena kanker paru paru dibanding yang tidak merokok. Sedangkan pria perokok 23 kali lebih tinggi terkena kanker paru paru dibanding yang tidak merokok.

  13. bapaku juga perokok tapi ga mati tuh,,heheheh,,, malahan umur panjang,, pisss men,,,

    “Cara pandangnya yang salah. Kalau ga’ merokok, bisa lebih panjang lagi umurnya… xi xi xi!”

  14. wow…
    tmnku ada yg namanya evan…..
    suka ngrokok………
    sbenernya ank itu lembeng…………..
    tp gara2 pergaulannya, dia ikut2an ngrokok……..
    aq pengen nyoba ngubah dia…….
    tp gmn caranya??

    bagi yg namanya evan selain tmn yg aku mksd ini….
    jgn tersinggung lho y……..:)

  15. bg… .. ..org sk…m,rokok krgin…………..cl x t bs menyebab kn penyakit…………………yg lbh parah………………………………he………….he………….he…………

  16. bagi….yg mrs kk class q …………berhenti dong m,rokok……….krn t bs menyebab……………penyakit ……………….aq cm b,pesan …………..loe sbgai ade class ………………jgn mrh y m aq ……………aq kn cm b,psan z kok………………….he………….he…………he………………SMP 17 T IDOLA Q…………HE..,He he…………….eeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee………………..

  17. sebenar nya merokok tidak bagus tetapi manusia sangat susa di mengerti bahkan sampai saat ini pun masi ada anak2 yang merokok di bawa umur

  18. pengamatan dan pengalamanku:
    biasanya perokok(cwok) bs brhenti stelah menikah.itu krn prminta’an istri.tp..,malah istri yg blajar merokok.cm…rokokny g bahaya,malah bisa bikin hamil bukan gangguan kehamilan.he..he..he..

  19. PA Rokok dapat mengurangi vitamin c dalam tubuh

  20. apakah…..
    pernah ada yang survey perokok2 di daerah kalianget-dieng wonosobo?…
    hampir semua penduduknya perokok berat…
    mereka merokok tembakau pegunungan (melinting/lintingan) yang sangat tinggi kadar tar dan nikotinnya…

    tetapi……….
    rata2 dari mereka juga hidup berumur panjang…
    banyak yang sudah berumur diatas 70 th…
    dan masih melakukan kegiatan / aktifitas…..
    tanpa terlihat adanya gangguan pada aktifitas fisiknya…..

    kenapa……….
    mereka bisa berhasil mencapai umur panjang….
    umur yang termasuk tua untuk ukuran masyarakat indonesia….

    adakah yang pernah menyelidiki ‘fenomena’ ini?…
    mungkinkah ada hubungannya antara perokok, pegunungan, dan aktifitas sehari-hari?….
    kebanyakan dari penduduk disana adalah petani….

    Logiknya yang harus dibetulkan :) kalau mereka tidak merokok, mereka akan lebih kuat dan lebih lama lagi hidup!

    • maaf… jawaban anda tidak tidak logis… mereka sudah lebih kuat dari anda… dan umurnya juga lebih panjang dari anda….. tingkat kematian disana baik perokok/ tidak (wanita) sama saja… berkisar 80-100 th…

      • sebaiknya di adakan penelitian memang. Apakah betul ROKOK nya yang bikin panjang umur. Kalau terbukti, bukan kah bisa dijadikan bahan kampanye ‘mari merokok lagi’?

      • penelitian memang perlu….
        yang ‘betul’ yang bagaimana, ya tergantung hasil penelitianya…
        masalahnya sangat komplek…

        yang perlu dibuktikan adalah
        ;apakah rokok bikin orang cepet mati?
        rumornya seperti itu… bukan sebaliknya… anda tau rumor kan?..
        rumor…
        karena tidak jelas dasar penelitiannya…

        kayaknya merokok/tidak merokok..
        sama2 tidak perlu dikampanyekan….
        kayaknya sangat2 percuma…..
        tidak akan ada pengaruhnya buat perokok dan bukan perokok….

      • Itu pilihan. Silahkan Anda pada posisi tidak berkampanye apapun. Kalau saya memilih pada posisi kampanye untuk tidak merokok. Minimal pada keluarga saya. Pada orang orang dekat saya. Pada yang pada mbaca blog ini. Anda punya proses. Saya juga punya. Kalau pada kata mati, :) itu urusan Alloh. Tapi kita bicara kualitas kesehatan secara umum, tidak terkotak pada kasus yang Anda sampaikan. Percuma ? Nggak!

  21. q bingung wat nglangin ngerokok tooooolooooong q wat ngilangin nh smua,,,,,,bntu q”””’,,,,,plissssssssssssss//////…….

  22. tbuh q pnuhhhh kukussssssss,,,,,,,q skit mazzzzz mbaaaaaaaaa bntuuuuuu q wt nglanginnnnnnn….///////

  23. Kalo Merokok itu Bisa Pengaruh Ma Pertumbuhan Kita Gak Ya ?

  24. susah banget mw nyuruh orang berhenti ngerokok…
    emang apa sich enaknya??
    jadi pengen nyoba….

  25. wah wah…klaw kita ngmongin masalah rokok..!!! gak kan selesai….yang pasti itu semua tergantung pada dri kita sendri…dan bijaklah dalam memilih arah yang akan dituju…masalah mati…itu urusan Tuhan ,,lebih baik bnyakin amal tuk bekal kelak mati,,,

  26. lebih peduli pada kesehatan.. :-)

  27. kakek ane ..asu iu…..au dakmlah wedi ududa ngeniki……….aluk tutup ae pabrik rokoke.nantang kndo…….

  28. Kakek saya adalah perokok berat yg seharinya bisa habis 6 bungkus kretek (bukan filter lho) dan beliau meninggal di usia 76 tahun karena sakit jantung. Kakek saya yg satunya juga perokok kretek berat meninggal di usia 65 tahun karena keserempet truk. Saya juga punya kakek angkat yg juga perokok berat dan meninggal di usia 95 tahun karena sakit demam (mungkin jatah usianya di dunia sudah habis). Merokok adalah kegiatan yg unik dan hanya dapat dirasakan kenikmatannya oleh orang2 yg melakukannya. Orang2 yg tidak merokok akan mengalami kesulitan utk melukiskan nikmatnya kegiatan merokok. Kebanyakan orang2 yg sehat sampai usia tua, umumnya/mayoritas adalah perokok berat; ini adalah pengamatan sehari2 yg saya lihat di lapangan (terutama di kampung2 dan wilayah pesantren tradisional). Mungkin ini adalah kesimpulan yg prematur, yaitu; di tempat/kota yg polusi udaranya sangat tinggi dan tingkat stress yg juga tinggi, rasa2nya merokok adalah salah satu alat untuk melepas/menghilangkan pengaruh polusi yg masuk ke tubuh/stress yg menghantui jiwa. Walhasil, jika anda ingin panjang umur seperti kakek2 saya dan orang2 lain yg sehat hingga masa tuanya, maka merokoklah agar anda mempunyai ketahanan tubuh yg sangat tinggi dari berbagai penyakit (terutama penyakit2 baru)! Atau anda ingin mencari tahu dulu, berapa panjang usia anda di dunia yg ingin anda capai?? 50/60tahun, 70/80 tahun,
    90/100 tahun atau bahkan lebih?

  29. Betul komentar anda semua! Lain otak (pikiran) lain isinya… Terlalu banyak orang yg berkaitan dengan rokok; mulai dari petani tembakau, pengepul, bandar, pedagang/toko & karyawannya, pabrik2 dan puluhan ribu karyawannya. Bila perkebunan mau diberangus (gaya2 PKI nih..) dan pabrik2 rokok ditutup; maka kita harus mau memberi ganti ladang usaha bagi mereka, minimalnya menanggung biaya hidup mereka & keluarganya selama sekian lama sampai mereka mendapat usaha/pekerjaan yg memadai. Bila tidak mau; maka anda yg mahasiswa bisa disebut mahasiswa yg tidak bertanggungjwb, anda yg dokter bisa disebut dokter yg tdk bertanggungjwb, anda yg tukang ibadah bisa disebut sbg tukang ibadah yg lari dari tanggungjwb. Atau paling nggak, anda wajib memikirkan atau mengganti besarnya pajak pendapatan yg diperoleh negara dari rokok yg nilainya trilyunan rupiah! Pajak yg digunakan utk kelangsungan pembangunan negara dan kembali buat kesejahteraan rakyat; atau kita berharap negara ngutang lagi…?? Dokter2 mestinya bersyukur bahwa tetap ada pasien yg datang untuk berobat dan membeli obat (obat yg dibuat dari bahan2 kimia yg juga beracun…). Kalau semua orang di dunia sehat, akan terjadi ketidakseimbangan; dokter kekurangan pasien yg berakibat berkurang pendapatan dan bisa2 fakultas kedokteran akan kosong selama satu abad ke depan…… Bertambahnya jumlah penduduk karena semuanya pada terlalu sehat juga sangat membahayakan; karena lapangan pekerjaan akan maha sempit; pemerintah akan kewalahan dan semuanya pasti menderita. Bagaimana dg binatang2 buas seperti singa, harimau dan buaya yg lebih banyak merugikan daripada manfaatnya; yg membuat hidup manusia tidak tenang & nyaman? Semestinya dibunuh/dibasmi?? Harus Ada Keseimbangan di dalam kehidupan ini…!! Merokok itu haram / dilarang bagi yang tidak kuat; tapi bagi yang kuat….. boleh-boleh saja..! Salaaaam!

  30. Ha ha ha…. bicara merokok meman nggak ada habisnya. Monggo, bagi yang setuju untuk merokok, ya silahkan ajak semuuuuuuuua anggota keluarga anda untuk merokok, yang tidak setuju, cegah keluara anda dan ajak mereka untuk merokok…. Sesua keyakinan kita masing masing.

  31. patek jeh rokok totor gudangngah panyaket………
    lo’ taoh yeh jhe’ engko’ reng madureh

  32. JANGAN MEROKOK YA,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  33. wa udah cape’ ngerokok…tapi koq susaaaaaahhh bangett berentinyaaaa
    tuluuuuuunggg

  34. wah saya kebetulan perokok berat baca artikel ini jadi takut juga neh…. makasih bro atas infonya saya memang dah lama pgen berhenti tpi gk tau ketagihan ini gmana ngilanginya…..

  35. merokok ituh asik n dag bisa di hilangkan ituh lah hidup saya

    tapi saya ingin menghilangakan merokok

  36. Nurul Syahfitri

    Ass, gimana yach cara nyegah oranh itu agar tidak merokok…………….

    dan juga kira-kira apa yach penyebab seoramng mula-mula bukan pecandu rokok tapi tiba-tiba menjadi pencandu rokok………………

    klu dah tw ksh tw yah di fb ajach search ajach nurul syahfitri photonya sakura…………….

    thank’s sebelum dn ssdahnya………..

  37. Semua komentar mengenai bahaya & akibat rokok/merokok; saya kira cuma cocok diperuntukkan untuk orang-2 yang tidak kuat/alergi/tidak senang terhadap rokok. Komentar2 seperti itu tidak cocok untuk orang-2 yang suka merokok (perokok) sebab prosentase dari mereka (perokok) yang mengalami reaksi negatif secara signifikan sangatlah terlalu kecil. Jadi, segala komentar mengenai hal tersebut hanyalah beredar di antara orang-2 yang tidak merokok (yg anti/alergi). Dan saya kira orang-2 perokok tidaklah ambil pusing dengan segala komentar itu; dan mereka pun malas untuk berkomentar, karena komentar-2 itu bukanlah untuk mereka.
    Sepertinya di dunia ini terbagi 2 (dua) golongan), yaitu: kaum perokok & kaum tidak merokok. kaum tidak merokok saing mengingatkan sesama kaumnya tentang bahaya & akibat buruk dari merokok. Sedangkan kaum perokok mengingatkan sesama kaumnya tentang kenikmatan & akibat positif tentang merokok.
    Anda…..termasuk golongan/kaum yang mana ?

    Nggak usah bingung menjawabnya! Kalau anda suka rokok dan kuat merokok sampai nafas terakhir, maka sudah pasti anda adalah perokok tulen! Dan bilamana anda tidak kuat merokok plus tidak suka rokok, berarti anda adalah tergolong kaum tidak merokok. Mudah bukan???

  38. Qu merokok usia 16th dah skrang umur w 20th skrang w mao berhenti merokok. . . .
    Bcs g enak di pernapasan

    Merokok itu pemborosan

  39. ya.,, allah smoga orng”yang merokok smoga bisa berhenti merokok.contoh nya sperti saya…….

    amiennnnnnnnnnnnnnnnnnn B-)

  40. Pusing2 ngurusin orang yg suka rokok; ngurus diri sendiri saja masih banyak kekurangannya, apalagi mau ngurusin kesenangan/hobby orang lain; wah…nggak masuk akal. Saya setiap hari konsumsi rokok, kopi, soto ayam, sate kambing, sambal trasi yg sangat pedas…dan 2 kali seminggu saya konsumsi pecahan besi baja & kaca. Tapi nggak ada apa2 yg saya rasakan. Itu berarti semua yg saya makan disebut di atas “tidak berdampak buruk” untuk saya. Sudah puluhan tahun, lho! Tapi bagi anda, kalau di antara makanan/minuman di atas ada yg membuat anda alergi, darah tinggi kumat, maag kronis, batuk2 sambil keluar darah….maka barang2 tersebut “berdampak buruk” untuk anda, dan sangat dianjurkan anda untuk menjauhinya seumur hidup, bahkan sebaiknya anda “haramkan” untuk diri anda sendiri. Anda tidak bisa memohon apalagi memelas supaya saya berhenti mengkonsumsi makanan/minuman yg saya sukai; mau berdampak buruk atau baik, tetap saja saya sendiri yg merasakan & menanggungnya, bukan anda. Segala hal yang membuat kita kuat menanggung resikonya, maka hal tsb tidak apa-apa untuk kita. tetapi segala hal yang kita tidak kuat menanggungnya, maka sebaiknya jangan mendekatinya. Anda kuat (secara fisik & mental)…. maka maju terus, jangan mundur. Anda lemah, ragu-ragu, khawatir, was-was (penyakit hati), maka sebaiknya mundur & duduk diam, ibadah saja yg kuat supaya anda menjadi orang “KUAT”. Sebaiknya jangan membiasakan diri untuk mengurusi hal2 kecil dan mem-besar2kan hal yg kecil….

  41. pastinya si buruk

  42. rejeki datangnya darimana saja, termasuk dari tembakau & rokok (kecuali yg benar2 “haram mutlaq secara qath’i; maaf.. bagi yg Islam). Pendiri NU (KH. Hasyim Asy’ari) adalah perokok berat; pendiri Muhammadiyah (KH.Ahmad Dahlan) juga seorang perokok. Guru2 saya yang wafat pada usia 66 tahun dan 78 tahun; beliau2 adalah perokok berat. Paling tdk alasan sepele saya merokok karena mengikuti jejak beliau2; baik secara pengetahuan ruhaniyah & amal dalam kadar yg MINIMAL. Maksudnya; kedua pihak baik yg merokok & yg tidak… mesti punya sikap BIJAK (karena inilah sifat TUHAN yg paling tinggi di antara sifat2Nya yg lain). Bila dlm diri seseorang sdh ada sikap BIJAK maka orang itu akan punya kemampuan bersikap adil kepada orang lain; jadi kedua pihak harus mengenal kelemahan & kemampuan diri masing2. Dan bila kita sdh ” kenal diri”, maka nanti kita akan mampu memahami kelemahan orang lain & juga kelebihannya pula, yang ternyata berbeda dengan diri kita. Aaah…itu saja sekedar mengetuk pintu “pikiran & benak” para saderek, paling tidak supaya terketuk hati & pikiran untuk mulai BELAJAR bersikap BIJAK (atau lebih bersikap BIJAK bagi yg sudah memulai)…. sehingga kita dapat selalu ingat kepada Yang Maha Kuasa…… Rata2 orang yang belajar agama Islam di pesantren tradisional yg jumlahnya ribuan adalah perokok! rata2 ulama2 tradisional di Indonesia adalah perokok berat! dan guru2 thoriqot umumnya adalah perokok berat! walhasil, orang-orang yang kuat rata2 mereka yang belajar agama Islam secara khusus dan mempunyai tubuh/fisik yg kuat. moga kita diberi kesehatan, sesuai kemampuan masing2 diri

  43. Owe Dari Smp Ampe Skrng alhamdullilah Gak NgeRokok

  44. saya jika merokok kpla
    saya sering pusing2,
    mual,dan gk tahan gitu
    lah. kyak mau mati aja

  45. Sebenarnya: jawaban untuk semua orang yang memberi komentar pada blog ini… dari dulu sampai sekarang bahkan sampai hari kiamat adalah sama…. yaitu; bagi yg merokok dan kuat merokok sampai tua dan meninggal; yaa..teruskan saja merokoknya karena hal itu keinginan atau mungkin kebiasaan yg bersangkutan. Dan bagi yang tidak kuat merokok atau tidak suka bau rokok end asapnya… yaa nggak usah merokok sampai tua dan meninggal. Lalu, apa yg diributin..? Kita tidak bisa melarang orang yg punya kebiasaan dan keinginan yang berbeda dengan diri kita; sebab dirinya adalah bukan diri kita. Dan orang lain pun tidak bisa melarang keinginan dan kebiasaan diri kita; sebab diri kita adalah bukan orang lain. Ciri-ciri seseorang yang belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang kehidupan adalah;,,, selalu saja ingin mencampuri kehidupan pribadi orang lain, yang tidak sama dengan dirinya…. Belajarlah bijak untuk bisa menerima kehadiran seseorang yang berbeda dengan dirimu; kalau tidak, maka hidup dirimu hanya engkau isi dengan ketidaksukaan/kebencian kepada orang yang tidak sama dengan dirimu….. capek..!!

  46. Anggishopianazhamb@yahoo.co.id

    apa eneknya rokok..???
    kenapa dipakai..??
    kenapa diproduksi..??
    uang dr menjual rokok kan haram..???
    bisa mencelakakan saudara kita sendiri muslim n muslima.. iy kan??

  47. kebanyakan merokok bs menyebabkan batuk berdarah ?
    atau kebanyakan minum kopi?
    atau kombinasi antara rokok n kopi?

  48. Aku sedih Aku ini pasif :’(
    Katanya pasif lebih parah dari pada yang candu

  49. Jelas-Jelas dibalik bungkus rokok ada tulisan akibatnya..
    tapi ttp ajja pada ngerokok..
    yang ngerokok tuh pinter atau ***** ?

  50. Terima Kasih Atas infonya .. artikel yang sangat bagus ..

  51. Rokok adalah bahan pembunuh kita dengan asap yang masuk ke dalam paru paru yang mengakibatkan rusak dan lama kelamaan paru paru kita dapat tidak berfungsi lagi dan akhirnya kita tidak dapat bernafas dengan nyaman lagi sampai nafas kita mendesak dan lama kelamaan kita akan mati. Itulah rokok yang menyebabkan kematian dan keguguran saat orang hamil

  52. Eh tau ga semuanya???… orang yang pertama kali menciptakan rokok,,, dan menyebarnya ke seluruh dunia,,, orang itu tidak suka merokok lhooh!! IiIIHHH!!!!… JAHAT BANGAT YAA!!! Itu sama aja orang yang pertama kali menciptakan rokok pengen menyakiti semua orang yang di seluruh dunia. Tapi tenang aja,,!! Allah swt akan mencatat dosanya orang yang pertama kali menciptakan rokok.. Nanti orang itu akan di AZAB di nerakA!!… kita sabar aja. Kata allah swt kesabaran itu akan menolong kita di akhirat :D

  53. semoga sya bisa brhnti merokok lagi.dan saya tidak mau mati libeh cepat dari orang normal 4 kali lebih cepat… :)

  1. Ping-balik: Jaga Kesehatan Vokal Atau Kena Penyakit Suara « For Music Education and Peace

  2. Ping-balik: DAMPAK BURUK MEROKOK « Enixiipa's Blog

  3. Ping-balik: Dampak Buruk Merokok Bagi Tubuh Kita | ermhasafetre

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: