Bisnis Yang Cocok Setelah Pensiun

embr_retiredloving_itMasa masa setelah pensiun sama berarti masa masa penghasilan yang menurun atau bahkan terhenti sama sekali.
Pada kebanyakan kejadian, setelah pensiun Anda baru berpikir apa yang akan dilakukan. Dalam hal bisnis tentu saja bisnis apa yang akan akan bangun. Meskipun Anda sudah merencanakan jauh jauh hari sebelum pensiun, tetap saja Anda baru memulainya stelah pensiun. Alasan yang sering Anda ajukan diantaranya adalah :

  1. Masih disibukkan dengan pekerjaan kantor.
  2. Tidak ada waktu untuk memulai.
  3. Pekerjaan kantor sudah menguras energi.
  4. Belum menemukan bisnis yang cocok.
  5. Bingung mau bisnis apa

Maka ketika setelah pensiun tiba, ketika Anda sudah punya waktu banyak, Anda baru berpikir untuk mulai berbisnis.

Harus dikatakan bahwa tidak ada bisnis yang cocok untuk Anda lakukan setelah pensiun. Kecuali :

  • Anda mempunyai cadangan modal yang berlipat.
  • Anda sudah memulainya jauh sebelum saat pensiun tiba
  • Anda seorang pekerja keras
  • Anda hanya sekedar mencari kegiatan pengganti dan bukan untuk menikmati pensiun itu sendiri.

Memulai bisnis adalah masa masa berat. Angka stress tinggi. Anda perlu tahu dari setiap 100 pemula bisnis, 80 diantaranya akan berhenti sebelum menginjak tahun ke dua. 20 diantaranya bertahan. Dari 20 yang bertahan hanya 4 yang akan bertahan sampai tahun ke limadan berkembang. Yang 16 kalu tidak bubar bisa dikatakan hidup segan mati tak mau. Kalau Anda melakukannya setalah pensiun, Anda harus bersaing dengan yang masih muda, yang energik, yang masih punya vitlitas dan semangat tinggi. Anda? Perusahaan Anda saja yang selama ini mempekerjakan Anda memberikan pensiun kepada Anda. Apakah tujuan pensiun karena menghargai Anda yang sudah lama berdedikasi dan loyal kepada Perusahaan? 80% alasan Perusahaan me retire Anda adalah karena Anda sudah tidak dianggap produktif lagi.

Beberapa dari Anda berharap pada bisnis yang instan. Tidak hanya terjadi pada Anda yang telah pensiun. Hampir semua berpikir demikian. Bagaimana membangun bisnis yang sifatnya instan dan langsung menghasilkan selalu menjadi isi kepala pebisnis pemula. Model model bisnis instan yang ditawarkan sebagian besar mengandung resiko yang besar. Bahkan tidak masuk akal. Berapa banyak orang dengan dana pensiunnya ditipu habis habisan oleh orang yang membaca peluang ini? Saran yang paling masuk akal dalam hal ini adalah

  • Anda menjadi franchise sebuah usaha yang sudah terbukti mapan. Semoga Anda memenuhi kritria mereka.
  • Atau Anda mempekerjakan Anda sendiri dan bergerak di bidang Jasa yang Anda kuasai. Artinya Anda tidak jadi pensiun dan berniat memperpanjang masa kerja sendiri.

Jatuh bangun dalam berbisnis yang berarti modal yang disuntikkan lagi untuk menjaga konsistensi bisnis adalah hal yang wajar terjadi. Modal Anda yang terbatas akan sangat menyulitkan dalam hal ini. Keinginan untuk instan berpenghasilan dan modal yang terus minta disuntik ulang akan semakin meningkatkan stress Anda. Bukannya menikmati pensiun Anda malah terjerumus dalam stroke. Na’udzubillahi min dzalik.

Jadi jangan tunda memulai bisnis Anda sampai setelah Anda pensiun. Mulailah bisnis Anda sekarang juga. Mumpung Anda masih enerjik. Mumpung Anda masih punya banyak dan sering bertemu teman dan koneksi. Mumpung jembar kalangane mumpung padang rembulane. Apapun bentuk bisnis Anda sudah selayaknya Anda memulainya sekarang. Anda punya banyak waktu sampai masa pensiun tiba. Pesan saya : jangan mencuri jam kerja Anda. Kerjakan bisnis Anda, bangun bisnis Anda diluar jam kerja Anda. Bukankah membahagiakan ketika Anda pensiun Anda sudah mempunyai bisnis yang berjalan untuk Anda? Bahkan tanpa campur tangan Anda sekalipun? Itu baru namanya Anda menikmati masa masa setelah pensiun.. Anda bisa mempersiapkan hal tersebut bersama Bisnis Online Pupuk Organik NASA di PT Natural Nusantara

Apakah Anda sudah memulai bisnis Anda?

.

Posted on November 11, 2008, in Bisnis, Motivasi, Umum and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. kurang lebih 1 tahun lagi saya pensiun, mungkin ada yang bisa membantu memberikan peluang uasa untuk saya, insyaallah saya masih produktif kalau diberikan kesempatan untuk bekerja atau usaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: