Kiat Mengatasi Maag

Maag memang kelenyit kelenyit nyeri kalo blom parah. kalao sudah? Weleh, Perut terasa diremas remas, puerih, puanas.

Secara umum terdapat beberapa penyebab penyakit maag. Pertama karena dinding lambung yang rapuh dan asam lambung yang tinggi. Kedua karena pola makan yang tidak teratur dan konsumsi obat yang tidak bersahabat dengan lambung. Ketiga karena stress.

Menurut beberapa pakar, penyebab gangguan penyakit maag yang utama adalah stress. Tetapi ketiga penyebab penyakit maag tersebut ternyata saling berkaitan.

Ketidakseimbangan emosi dan kejiwaan menyebabkan produksi asam lambung meningkat. Apabila hal ini terjadi pada mereka yang dinding lambungnya peka atau rapuh dapat menyebabkan gangguan maag. Selain itu pada saat stress pola makan seseorang cenderung akan tidak teratur. Makan obat di saat asam lambung meningkat juga perlu berhati-hati karena bila obat tersebut diminum saat perut kosong dan asam lambung meningkat dapat memicu penyakit maag.

Terapi yang lazim dilakukan ada beberapa cara. Jika pemicunya adalah stress maka terapi yang dapat dilakukan adalah dengan pendekatan kejiwaan, konsultasi psikologi, dan tak kalah penting adalah dukungan pihak keluarga serta lingkungan. Selain itu pola makan teratur, istirahat dan olahraga ringan yang teratur juga membantu menjaga kebugaran tubuh dan membantu mencegah terjadinya penyakit maag. Konsumsi makanan sumber Lecithin dan Makanan Berserat secara teratur dapat membantu menjaga keseimbangan asam lambung.

Secara tradisional, banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya :

Ambil satu  setengah ons kunyit tua. Buang anakan, sisakan empunya. Tau empu?. Umbi induk!. Parut dengan parutan kelapa. Peras dengan saringan teh. Air perasan didiamkan selama 2-3 jam. Setelah mengendap, ambil hanya airnya. Minum pada saat kondisi perut kosong. Mau enak? Campur dengan madu.

Tapi katanya nggak baik buat perempuan masa subur. Bisa ngeringkan peranakan, katanya. Apa bener ya?

Salah satu yang juga diyakini menyebabkan maag adalah mengkonsumsi sate kambing. khususnya lelaki beristri. Lho, kok? Iya, karena  setelah mengkonsumsi sate kambing, malamnya biasanya akan  berbisik ” Maaaaagh!”

powered by : pupuk poc nasa natural nusantara

Posted on Maret 14, 2008, in Tips, Umum and tagged . Bookmark the permalink. 35 Komentar.

  1. wah makasih dah berbagi resep buat sakit maag thx ya…

  2. ku lagi belajat bikin blog nih.. bisa kasih idea ga? ini kok keren ya.. carane piye

  3. CARA MENGATASI SAKIT MAAG :
    1. HINDARI MAKAN DAN MINUMAN PEDAS, MASAM, PANAS, KOPI, MIE INSTAN,TEH, ALKOHOL, MAKANAN YG BERSIFAT KERAS, MAKANAN BERKOLESTEROL TINNGI.
    2. MAKAN NASI HANGAT 4-5x sehari semalam yaitu jam 7, 11, 15, 19, 22 dengan porsi yang lebih kecil. ( tiap kali makan nasi cukup setengah piring aja )
    3. SEHABIS MAKAN NASI JANGAN LUPA MINUM AIR PUTIH 1,5- 2 GELAS, ini akan bermanfaat untuk menetralkan dan mengeluarkan asam lambung yang berlebihan pada saat buang air kecil.
    4. Minum susu PADA SAAT SIANG HARI terutama yang berkadar lemak rendah misalnya ANLENE.
    5. Jangan banyak pikiran yang berakibat Stress.
    SEMOGA SAKIT MAAG ANDA SEGERA SEMBUH, AMIN :)

    Yang no 5 yang susah mas. He he. Kadang diburu deadline….
    btw. trimakasih tambahannya.

  4. Terima kasih informasinya sangat membantu, kebetulan saya sering banget kena maag sampe sempat di opname

  5. vinajavascript:HideUtils();

    makasih ya resepnya…

  6. maksih bgt buat tipsnya,,y
    biasanya org skit maag dibgian perut yg kiri ap yg kanan y,.?

  7. Aku sakit maag kenapa dada sering berdebar debar ya dan saat kumat dada ser seran. kenapa nih……..

    Lha, prasaan ga ada tuh hubungannya. Ato karna minum obat, sehingga itu efek sampingnya?

    • Adanya kelebihan asam lambung, dapat menekan ke atas, dan itu menyebabkan tensi, kalau sudah tensi naik dan kita agak panik, cemas, maka dada berdebar…

  8. gan.. saya saya suka kerja malam nich.. pasti kan kurang tidur..

    jadi gimana nich cra mengatasisiny cos sekarang aku dah kena… post ya gan :D

    tapi jangan post lagi sate kambing nya mah :))

  9. kebetulan saat ini saya lagi ngerasain sakit maag yang teramat sakit..
    kata dokter sich asam lambungnya uda rada-rada akut..

    makasih buat sarannya,, bisa saya jadiin referensi buat pola hidup saya d’kemudian hari..

  10. wach smoga bener2 tokcer buat aku yach..maagku ini dach bebel bgt…sakitnya minta ampun..dulu sech asal makan ga telat aja pasti ga sakit, tp dach 2 mggu ini padahal aku dach 2 mggu ini sering bgt..maagku kumat nyerinya minta ampun..diawali rasa yang ga enak..mules…eh terus kembung perut aku,mulailah gas2ku itu keluar dgn bunyi2annya..(heh..hekkk)mules bgt dan ga enak..thx yach

  11. sakit maag bisa membaik dg cuma makan GETUK singkong tiap hari ehhehe simple banget :)

  12. wuaaaa thx buat saran2nya..

  13. Kata dokter aku jg kena asam lambung,
    lok masalah perih atau nyeri g da terasa,yg ada perut selalu masuk angin dn jantung berdebar2,
    susah bab jg,
    tolong donk solusi’a,
    thx. .

    “habbatus sauda rutin insya Alloh sembuh”

  14. Tips agar penyakit maag berkurang:
    Bangun tidur minum susu rendah lemak, abis itu baru makan (jangan keras, dan pedas) lanjutkan rutinitas, makan siangnya terserah (jangan keras, pedas dan asam) ingat sore hari sempatkan olahraga ringan 30 menit…. menjelang bobok malam ingat minum susu lagi segelas, biar malamnya ada yang diproses lambung ( kata dokter) Dan yang utama bagi kalian-kalian yang punya maag, berdamailah dengan masa lalu n jangan risauin masa depan alias hidup nyaman tanpa banyak pikiran, Astung kara maagnya ndak kambuh lagi (100% dari pengalaman pribadi)

    Terima kasih. Ada info baru nih.. mudah2 an manfaat..

  15. Makasih infonya, temen-temen yang kasih komentar juga, makasih infonya. Duh, maag niy gara2 minum kopi dan makan pedes. Bandel. Say No to sambel and kopi. Siaaap!!!

  16. Makasih ya untk tips’a.
    Smg maag 4q gag kambuh lgy.

  17. makasi buat saranya

  18. pokonya bgus dah saran2nya
    oke bgt deh

  19. kata dokter hanya gejala biasa, tp semakin hari makin perih dan mual,
    sy akan cb sarannya… makasih

  20. Penyakit ini disebut dyspepsia jangan makan pedas, asam, makanan yang masih panas. Hindari ubi, jagung, dan kacang kacangan … kurangi stress dan mulailah olah raga ringan …

  21. bgus banget sarannya..tp masalah utama penderita emang susah makan..hehehe

  22. Aku dulu penderita maag berat, tapi sekarang sudah sembuh total, terapi hanya dengan air minum yang sudah dinetralisir dengan biodisc, karena biodisc ini bisa menjadikan sumber air kami yang asam menjadi tawar hanya dengan melewati kaca biodisc ini, kalau anda ingin coba silahkan hubungi Donald Hendra HP 081374145789

  23. Eh,,, berarti klo lg maag boleh minum yg dingin2 g?

    G tahan g minum es nih,,,

  24. mau nanya sesuatu ni bro…
    kalo sakit perut tiba-tiba, atau telat makan langsung sakit/mulas apa termasuk gejala sakit maag gak?

    tksh.

  25. jus manggis bisa untuk mengobati sakit maag

  26. Sip gan, nice sharenya

  27. saya sakit maag sudah 5 bulan , setiap minggu saya ke dokter spesialis penyakit dalam, saya makan obat dari dokter dan herbal gamat, saya sering berdebar-debar dan terkejut saat sedang tidur, setelah itu saya terbangun dan tidak bisa tidur lagi, tidak bisa mendengar suara – suara yang berisik dan perasaan saya sangat sensitif dan emosi saya menjadi dan saya marah-marah, yang saya tanyakan bagaimana saya bisa tidur nyenyak dan tidak terkejut dan terbangun ( tersebtak ) trimk

  28. Aq jg nih,tapi kalo lagi datang disertai keringat dingin disekitar leher,apa penyebabnya ya?mohon jawabannya tank,s wassalam

  29. gampang kok kalau mu tidur baca doa dulu insyaalloh dech dijamin tidurnya enak.

  30. dulu sich…klo hamil…juga mual & pengen muntah..,cuma ngerasain 1x lalu aku baca klo asam HCG tinggi…maka minum teh manis ato makan cracker spaya kadar gula darah meningkat. Tapi kalo maag…aku cuma minum mylanta..krn ga tau harus gimana. Sbenere, asam lambung vs HCG sama gak sih? Kenapa mualnya sama, meski sakitnya beda? Thx.

  31. tuk ngatasi masalah maag bisa juga dengan tepung kanji 1 sendok makan yang diseduh dg air putih lalu diminum sebelum makan dan sesudah makan. insyaAllah bisa sembuh kalo dilakukan secara rutin… amiiiin.

  32. perutku sering kembung seperti kemasukan angin,kalo udah kembung nafasku rada nyesek,, kira bagaimana cara mengatasinya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: