Kiat Agar Anda Tidak Cepat Kecewa

Inner Power. Apakah anda pernah merasa kecewa oleh karena sesuatu yang terjadi di sekeliling anda?
Apakah anda sering menggerutu, menilai salah, dan mengomentari satu peristiwa dengan kalimat  seperti “

“Wah, itu ndak mutu, seharusnya begini bla bla bla…..”.
“Lampu merah ini kok lama banget sih, mbuat orang telat saja…”
“Wu, pelayanan rumah sakit ini benar benar payah… “
“Hii, cara ngajar dosen itu bener bener gaptek….”
“Bos kok jalan kaki………”

Ya banyak hal yang menurut anda tidak sesuai dengan yang seharusnya terjadi.

Ups… tapi tunggu dulu! Seharusnya terjadi menurut siapa, inilah salah satu kunci nya. Contoh,

Bukankah timer lampu merah itu sudah diukur sedemikian rupa sehingga efektif dan bermanfaat?
Bukankah pelayanan rumah sakit sudah melalui prosedur dan tata cara yang direncanakan dengan matang?

Cobalah kita cek sejenak, ada berapa orang yang menggerutu seperti anda. Bila mayoritas orang menggerutu, ada kemungkinan memang sistem yang ada tidak sesuai standar pelayanan yang seharusnya diberlakukan. Tetapi bila hanya segelintir orang saja yang beranggapan demikian, hmm… kayaknya yang perlu dikaji ulang adalah pola  pikir anda.

Berikut 3 hal penting yang mendasari Anda kecewa.

  • Berharap apa yang dilakukan orang lain atau satu sistem sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Nah lo, maka ketika orang lain melakukan satu kegiatan ternyata tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan, hasilnya adalah Anda KECEWA.
  • Berharap satu peristiwa terjadi sesuai dengan selera anda. Nah lo lagi, ketika satu peristiwa terjadi diluar apa yang anda harapkan hasilnya adalah Anda KECEWA.
  • Anda suka melihat atau menilai satu kejadian atau peristiwa dari sisi kekurangannya. Sedang dilihat sisi keunggulannya saja, sisi kekurangan pasti akan muncul. Apalagi Anda fokus pada kekurangan, ya nggak bakalan terlihat sisi keunggulannya.

Maka inilah kiatnya:

  • Jangan pernah berharap apapun agar terjadi sesuai dengan keinginan Anda.
  • Mulai mencoba menganalisa alasan lain yang tidak pernah anda pikirkan sebelumnya mengapa hal yang tidak anda inginkan itu   terjadi. Cobalah berposisi sebagai pelaku untuk mencari-cari alasan-alasan yang masuk akal mengapa sampai hal itu terjadi.
  • Mulailah belajar mencari nilai positif dari satu peristiwa yang terjadi.
  • Banyaklah membaca buku. Lho opo hubungane?

Posted on Maret 10, 2008, in Renungan, Tips and tagged , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. aku setuju, tapi bagaimana mengahadapi cewek yang gak mau bls sms? aku bener2 kecewa gara2 itu.

    makanya jangan dikirimi sms. kirimilah duit… ka ka ka

  2. nungki lagi kehabisan pulsa, kirimin pulsa dooong……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: