Di Sinilah Letak Gunung Berapi Raksasa Bengkulu Itu

Telah ditemukan gunung berapi raksasa di kira kira 320 km barat daya bengkulu, dengan diameter 50 km! woah, gede amat? sebagai pembanding, diameter krakatau  kurang dari 10km. Bahkan krakatau purba yang meluluh-lantakkan peradaban ketika meledak itu hanya berdiameter 2 km.

Tapi segede apapun, kalau itu dikehedaki Alloh SWT maka semua pasti terjadi.  Sayang belum disebutkan  posisi tepat dari gunung itu. Hmm. Bikin penasaran saja. Coba utak utik dengan wikimapia.org dengan berbekal data di atas, kira kira disinilah letaknya.

Peta yang didapat di situs CGGVeritas klik di sini sendiri seperti di bawah ini, menggambarkan adanya gunung laut (sea mount) di posisi sekitar 4,5 derajat LS dan 99.3 derajat BT.

gunung berapi raksasa bengkulu

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim yang terdiri dari gabungan para pakar geologi Indonesia, AS, dan Perancis berhasil menemukan gunung api raksasa di bawah perairan barat Sumatera. Gunung api tersebut berdiameter 50 km dan tinggi 4.600 meter dan berada 330 km arah barat Kota Bengkulu.

Para ahli geologi ini berasal dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI), Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, CGGVeritas dan IPG (Institut de Physique du Globe) Paris.

“Gunung api ini sangat besar dan tinggi. Di daratan Indonesia, tak ada gunung setinggi ini kecuali Gunung Jayawijaya di Papua,” kata Direktur Pusat Teknologi Inventarisasi Sumber Daya Alam BPPT Yusuf Surachman kepada wartawan di Jakarta, Kamis (28/5).

Gunung api bawah laut berada di Palung Sunda di barat daya Sumatera, 330 km dari Bengkulu, di kedalaman 5,9 km dengan puncak berada di kedalaman 1.280 meter dari permukaan laut. Meskipun gunung ini diketahui memiliki kaldera yang menandainya sebagai gunung api, para pakar mengaku belum mengetahui tingkat keaktifan gunung api bawah laut ini.

“Bagaimanapun gunung api bawah laut sangat berbahaya jika meletus,” katanya. Survei yang menggunakan kapal seismik Geowave Champion canggih milik  itu adalah yang pertama di dunia karena menggunakan streamer terpanjang, 15 km, dari yang pernah dilakukan oleh kapal survei seismik.

Tujuan dari survei ini adalah untuk mengetahui struktur geologi dalam (penetrasi sampai 50 km) yang meliputi Palung Sunda, prisma akresi, tinggian busur luar (outer arc high), dan cekungan busur muka (fore arc basin) perairan Sumatera.

Sejak gempa dan tsunami akhir 2004 dan gempa-gempa besar susulan lainnya, terjadi banyak perubahan struktur di kawasan perairan Sumatera yang menarik minat banyak peneliti asing.

Tim ahli dari Indonesia, AS, dan Perancis kemudian bekerja sama memetakan struktur geologi dalam untuk memahami secara lebih baik sumber dan mekanisme gempa pemicu tsunami menggunakan citra seismik dalam (deep seismic image).

Betul nggak Ya? Terlepas dari betul apa tidak, wong ya bukan ahli geografi, semoga gunung berapi raksasa ini mendatangkan manfaat yang raksasa pula bagi kita manusia. Amiinn…

Kehendak Alloh adalah sebagaimana prasangka kita. Dengan mengikuti kaidah Law Of Attraction, marilah kita bersama sama dengan kekuatan pikiran kita, memvisualisasikan secara detail bahwa gunung berapi raksasa Bengkulu ini memberikan manfaat yang luar biasa bagi kita, manusia. Visualisasikannak saja bahwa gunung berapi raksasa Bengkulu ini pada akhirnya nanti menimbulkan fenomena alam ajaib, indah, luar biasa dan menjadi obyek wisata ternama di dunia, misalnya.  Apa saja, yang penting visualisasi yang positif.

Insya Alloh akan dikabulkan Alloh.

Sponsored By crystal x

Posted on Mei 28, 2009, in fenomena, Kekuasaan Alloh, Umum and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 116 Komentar.

  1. salam kenal,….artikel yang menarik mohon izin Copas peta dia atas.

    monggo silahkan saja. Itu juga hasil kopas kok. He he?

    • Ankgoex. Bengkulu

      allah ciptakan sesuatu pasti ada manffatnya, dengan ditemukan gunung api mungkin akan melahirkan para ilmuan baru. dan juga mungkin berpotensi menjadi sumber energi. bagi orang yang …………. ini akan menjadi hal yang menakutkan dan bencana.

  2. wow keren. . .gunung bawah laut nih ceritanya. . . .

  3. wah info bagus ni…. boleh copy artikelnya gag bos????? buat bahan renungan anak2 mapala

    “bole bole… itu juga hasil ATM kok!”

  4. Buset dah, seram banget tuh gunungny….bisa2 tsunami lagi…

    http://engeldvh.wordpress.com

  5. hmm, berpikiran positif yaa… semoga pas meletus nanti gak besar-besar amet, kalo bisa ya gak meletus. :D

    salam kenal. salam ganteng dari diazhandsome

  6. Harus berpikir ulang nih,,,, karena ada acara mau pindah bengkulu besok…..
    Pasrah aja deh

    riyanwae.wordpress.com

  7. mengerikan juga ada gunung besar di bawah laut

    mas salam kenal

    http://indopedia.wordpress.com

  8. Hiiiiii tetep aja ngeri brooo…

    FREEDOWNLOAD YANG BEJAD-BEJAD DISINI

  9. Wah, kalau meledak habislah kita…

  10. Astaga naga,,,, sungguh menyeramkan!!

  11. Hmm…positif aja dah…semoga bisa menjadi obyek wisata yang keren…..=)

    http://sendit.wordpress.com

  12. gede banget tuh gunung :o

  13. woow.. thanks infonya bro.. klo ada perkembangan tolong update lagih yak

    ciaaoo…

  14. hahaaa…..ngeri bgt ada gunung berapi di bwh laut…
    semoga aja tdk sdng aktf jd tdk berbahaya

  15. Lokasi Bengkulu terkenal dengan Rafless Arnoldi, Bunga terbesar didunia. Sir Thompson Rafless dikenal dengan Pendiri Kebon Raya Bogor dan Negeri Singa, Singapura.

    Mendekati pemilu ini, Ibu Fatmawati, Istri Soekarno, Ibunda kandidat Presiden Indonesia di Pemilu 2009 berasal dari Bengkulu.

    Bengkulu menyumbang emas seberat 35 kg pada puncak dian tak pernah padam, Tugu Monas.

    Waallahualam B.

    Wass.Wr.Wb

  16. semoga Allah swt selalu melindungi kita…amiin.

  17. ngga kebeyang klo meletus… bisa2 Indonesia tenggelam deh… buru2 deh beli rumah digunung…. xixixi…

  18. Seperti yang gue bilang di blog gue!
    Logikanya dataran yang kita injak ini adalah puncak gunung yang rata ^^b.
    Kalo ada gunung di bawah laut, ada g’ y laut dibawah laut?…

    ada gak ya?

  19. Siap siap ngungsi lagi deh…

  20. lebih menarik lagi klo gunungnya “kembar dua”, lebih sedap dipandang :)

  21. Gue tinggal di bengkulu..malah baru tau tuh..

  22. material dan pasirnya bisa diambil ngak ya :D

    “wa ka ka. Pake ember mas?”

  23. waduh krakatau ampe kalah, berarti kalo meletus tuh gunung bisa2 indonesia tenggelam kali ya……..ihhhh sereeeem

  24. Wah bisa ekspor pasir lagi nih Indonesia.. nice artikel.

  25. KAPan MeLetUsnY4?

    weks!????????

  26. saiya tnggl di Bengkulu lho,mdh2n Allah mempunyai rencana lain..
    trus berdoa yg terbaig..
    mohon doanya temand-temand..

  27. Arrrgggh…g bisa kbyang klo ntu meletus ??
    jadi apa indonesia ntar??
    salam kenal ^^
    kunjungan balik sangat diharapakan

  28. amin, bisa buat investasi daerah bengkulu nie…
    tp kalow meletus bengkulu bisa ancur dunk!!!
    mudah2an gag gitu eia^^
    Qt ambil manfaatnya aja… hahha…

  29. Apapun itu toh semua kembali dari Sang Kehendak, mau jadi obyek yang ada manfaatnya atau mau di jadikan alat untuk menghancurkan…….yang jelas kembalikan pada Sang Kehendak dan ingat untuk mulai insaf bahwa alam ini sudah tua………….

  30. Gak perlu khawatir, smua sdh ada yg ngatur. Kalo sdh waktunya meletus ya meletus, kalo kagak ya kagak. Lakukan aja aktifitas seperti biasa, kita pasrahkan smua pd yg KUASA.

  31. Namany gunung apa tuh??

  32. hmm,

    ngeri juga juragan

    hohoho

    rezpect
    aignerblack.wordpress.com

  33. weiz ganas bget yakk..
    gilak klo meletus..
    tampilin donk foto ny !!!
    mau lihat foto ny jgak..!

    Halow pak pak di Penelitian. Pada minta fotonya nih!

  34. ini baru temuan yg menarik…
    tapi sayang mengapa malah orang lain yang lebih perhatian
    dgn keunikan yang ada di wilayah nusantara tercinta ini…
    yg menjadi pertanyaan skg mungkinkah ada hubungan dgn
    suatu bangsa yang besar dan tlh memiliki peradaban yang sangat
    tinggi pernah tinggal di bumi nusantara ini….

    mari kita cari jawabannya dgn RASA….

  35. sujiwaprasetya

    Interisting article

  36. Repot jg klu terjadi apa2 dg gunung tsb nih.Istri dan anak sih di Jkt, tp mertua dan kel. bsr di Bengkulu, tpi kita berdo’a aja mudah2an ini fenomena alam yang menguntungkan bt bangsa kita. Semua sdh direncanakan oleh Yang Maha Kuasa, dan kita harus positif thinking aja…

  37. iyyyyy serem juga ada gunung segitu gedenya …kalau meledak zaman es terulang lagi……

  38. emg kl underground suka bikin kejutan
    salam kenal

  39. gereggiseptino91

    berbahaya juga nih kyknya.. soalnya ada di dekat patahan lempengan..

  40. Tidak ada yang sia-sia apapun bentuknya yang diciptaan sang Illah.Tidak perlu ditakuti apa yang bakal terjadi. saya lebih cenderung bagi para pakar untuk mencoba menginventaris segala bentuk sisi positif dari munculnya gunung itu. semoga ini semakin menggugah bagi kita yang punya akal pikiran. yang jelas Illah telah menyiapkan rencana untuk kita semua sebagai umatnya. Amin.

  41. aku kerja di jakarta,dari lahi,masa remaja dan dewasa di bengkulu, semua keluarga besarku ada di bengkulu, aku baru tahu klo ada berita seperti ini,thanks atas semua berita yang ada, aku hanya memohon agar kita semua berdoa semoga ALLAH SWT memberikan jalan yang terbaik buat seluruh masyarakat indonesia,khusus nya buat semua masyarakat bengkulu, aku hanya bisa berdoa mudah2 gunung api yang di maksud itu tidak pernah ada di perairan bengkulu,dan bila pun ada aku berdoa mudah2 gunung itu tidak akan pernah meletus.. amin

  42. semoga menghasilkan suatu yang positif :)

  43. waduh . itu kalo meledak bisa menghancurkan sampe jawa ga ? huhuhu . saya tinggal di palembang . pacar di bengkulu pula . haduh . berfikir positif aja deh . smoga ga kenapa2 amin .

  44. Gw sngt tkt ama gunung it.krna tkt meledax krna gw tgl diseluma.tp gw mau nya bengkulu nya dmana?

  45. Wah..Wah…
    Turut Berduka Cita…
    Ataw..
    Turut Bersuka Cita ya…

    Mudah2an Fenomena alam ini akan membawa banyak keberuntungan bagi bangsa kita..
    daripada malapetaka… Ouughhh…Tidaaakkk!!!
    Tobat Yuu…

  46. Hiiiiii tetep aja ngeri brooo…..

    FREEDOWNLOAD YANG BEJAD-BEJAD DISINI

  47. semoga enggak ada bencana lagi….

  48. gile cing gede bener, bisa sampe lampung gk kalo meletus ya

  49. Ini harusnya membuat manusia berpikir. kalau selalu mengeksploitasikan alam secara berlebihan/serakah ini adalah balasan yang didapat. dan itu pasti………

  50. fenomena gunung bawah laut sebenarnya biasa di dalam dunia geologi. dan mengenai gunung tsb. sebenarnya belum pasti bisa dikatakan gunung api. masih dalam hipotesa

  51. Gunung raksasa..? Ternyata hoax. Kemaren para peneliti gabungan menjelaskan kembali bahwa yg dikira gunung adalah cengkok bumi yg mirip gunung.

    Alhamdulillah…..Jadi cumi to…..

  52. Ayo, postingnya ojo medeni koyo ngene seh…

  53. wah ngeri juga tu kalo sampai meletus…bengkulu itu dimana sih?dekat dengan Aceh ga ya?hiks…ngeriiii…

  54. Bengkulu tu………

    Dekat Lampung

  55. semoga ada hikmahnya tuk umat manusia, supaya lebih ingat pada Allah SWT

  56. nah ni bru penemuan..

  57. coba diteliti lg.apkah itu benar ataw gx….
    karena dengan adanya berita kyak gtu warga merasa tidak nyaman….
    dengan adanya berita yang jelas dan benar..maka warga akan lebih nyamn…
    tenks..

  58. ini bukan hanya penemuan…
    tp sebuah hal yg membuat kita berpikir….
    mengapa kok baru ditemukan skrg?
    dan anehnya berada di bwh laut…
    apa karena dosa2 manusia ini sudah terlalu banyak?
    YA!MEMANG!
    MUNGKIN banyak yang setelah melihat ini hanya merasa “WOW”!!
    tapi apakah kita pernah sadar atau berpikir bahwa penemuan ini adalah akibat dari apa yang telah kita lakukan?
    dimana ada SEBAB,pasti ada AKIBAT!

    buat semua yang membaca ini…
    saya harap banyak2lah berbuat baik….
    dunia ini akan segera kiamat…
    berharap semuanya bisa menjaga diri dan keluarganya :)
    Maaf bila ada kata2 saya yang salah…
    mohon dimaafkan.. :)

  59. ini bukan hanya penemuan…
    tp sebuah hal yg membuat kita berpikir….
    mengapa kok baru ditemukan skrg?
    dan anehnya berada di bwh laut…
    apa karena dosa2 manusia ini sudah terlalu banyak?
    YA!MEMANG!
    MUNGKIN banyak yang setelah melihat ini hanya merasa “WOW”!!
    tapi apakah kita pernah sadar atau berpikir bahwa penemuan ini adalah akibat dari apa yang telah kita lakukan?
    dimana ada SEBAB,pasti ada AKIBAT!

    buat semua yang membaca ini…
    saya harap banyak2lah berbuat baik….
    dunia ini akan segera kiamat…
    berharap semuanya bisa menjaga diri dan keluarganya :)
    Maaf bila ada kata2 saya yang salah…
    mohon dimaafkan.. :)

  60. what a giant mount..

  61. Sebgai msyt mentawai, menginginkan dari komentator. Betapa sejuknyo jika semua komentator mempersembahkan doa kepada ALLAH SWT. Amin,

  62. MUHAMMAD ILHAM

    INILAH TANDA TANDA BAHWA AKAN TERJADINYA KIAMAT YANG SUDA DI JANJIKAN ALLAH .,…SAYA MEMPUNYAI PESAN PD BANGSA JANGAN TERLALU SOMBONG AKAN KEKUASAAN KARNA JIKA KALIAN DIBANDINGKAN DIA DIMATANYA KALIAN TIDAK ADA APA2NYA SAMA SEPERTI SAYA ,,,,,,KITA TIDAK PERNAH TAU APAKAH GUNUNG ITU AKAN MELETUS BESOK ,LUSA ,ATAU.TAHUN DEPAN ,,,,MAKA DARI ITU KITA SEBAGAI BANGSA INDONESIA BANGSA YANG BERPEREORITAS BERAGAMA ISLAN ,,BERDOALAHH.AGAR ALLAH MELINDUNGI KITA DISEPANJANG UMUR KITA

  63. bagi masarakat sumatra adanya gunung ini membuat fokus pikiran kita seperti adanya ancaman bahaya yang sangat besar,terbukti gempa terus terjadi,kita tidak mungkin melawan alam…

  64. aslmkm.maha besar ALLAH dengan segala kuasanya.

  65. kasian dounk tanah lahir tercinta…
    kalo gunung itu bener” duaaaarrrrrr………
    alias meletus

  66. Segala sesuatu yang ada di alam semesta adalah ciptaan ALLAH SWT.Gunung api raksasa yang ditemukan di 320 km barat daya bengkulu juga siptaan ALLAH SWT. Walaupun para ilmuwan mengatakan sangat berbahaya jika meletus, kita pasrahkan kepada ALLAH SWT dan kita berdoa agar selalu dilindungi dari mara bahaya, dan kita berdoa agar tidak terjadi apa2.AMIEN…

  67. wah…..! selagi umat di muka bumi ileng kepada sang pencipta insya allah kita masih di lindunginya.Amien….

  68. FAJAR JAN HIDAYAT

    moga tidak akan terjadi seperti terjadi aceh dan padang. AMIN

  69. Wuiii!!! tantangan tuh buat yang hobby naik gunung!! tinggi lho!!! pasti pemandangannya bagus..tapi ati – ati pasti ga ada udara segar di puncaknya!!!

  70. Mudah – mudahan gunung ini tidak berbahaya!!kasian Indonesia gempa lagi gempa lagi. Tapi itu bagaimana Allah SWT. Lahaola walla quata IlabIllahi

  71. Wuiii!!! tantangan tuh buat yang hobby naik gunung!! tinggi lho!!! pasti pemandangannya bagus..tapi ati – ati pasti ga ada udara segar di puncaknya!!!

  72. WAH ORANG YANG ADA DI SUMATRA AKAN MERASAKAN AKIBAT DARI GUNUNG BERAPI RAKSASA ITU

  73. indah…
    menakjubkan…
    amazing…
    serem juga sih…
    tapi itukan dah keungkap dah lama?
    bisa tuh dijadiin objek wisata, tapi uji dulu kelayakannya.
    siapa tau bisa jadi pendapatan buat negara.
    uangnya buat korban gempa aja!!!!
    hehehehehehe…

  74. Mahasuci Allah yang tidak memberi hamba-hamba-Nya jalan untuk mendapat pengetahuan mengenai-Nya kecuali dengan jalan ketidak-berdayaan mereka dan tidak ada harapan untuk meraih pencapaian itu..!!!!
    ya…ALLAH……
    dengan adanya gunung berapai itu,semoga warga bengkulu & sekitarnya selalu taat dan ingat kepada ENGKAU.. amin.

    ‘salam warga Bintuhan”

  75. semoga gunung ini tdk meletus….amien

    tapi kalau mltus kemngkinan SUMATRA bs hilang?????

  76. menurt saya ni berita yanh bagus za, dan banyak si2 npositif nya menurut saya. tetapi bagaimana cara pemerintah untuk memajukannya. karena apa di d INDONESIA ni terknal dgan sumber kekayaan alam, saya berharap d thun 2010 pemerinta lbih cekatan dalam melestarikan.,. maaf sbelum contoh d negara lain cuma karena banyak monyet nya aja bisa terkanal. tetapi apa di indonesia BVNYAK GUNUNG BESAR MARI KITA LESTARIKAN BERSAMA.

  77. sampai kini masi terkenang soal gunung itu apa ka itu benar dan apa yang harus masarakat bkl ini lakukan dengan ada nya gunung itu…..???????????

  78. ” sangat mengerikan……….!!!!!!!!!

  79. serem ya ,, sumpah

  80. buat masarakat bengkulu dan aku juga seklian nama ku irul kevin aku tinggal di bengkulu…..
    aku punya pirasat yang gak enak untuk bengkulu ini aku mengalami mimpi yang terjadi di bengkulu akan ada nya banjir besar yang menyapu bkl ini di setiap mimpi ku selalu terjadi dan aku takut aku harap mimpi ini tidak akan terjadi tapi buat masarakat bengkulu harus berhati2 juga ya so mimpi ku gak bakal meleset aku yakin itu salam untuk bkl ini////

  81. Innalillahhiwainaihirojiun… Ya Tuhan… Meski pun aku gak tinggal di bengkuLu tapi rumahku deket dari sana… Gempa BengkuLu dkit ajj kerasa ampe Lampung…

  82. orang pendaki pro kasih nama dong gunungnya biar gw masukin ke daftar gunung ane,itu buat pendapat.kalo saran buat masyarakat bengkulu sering berdoa pada maha kuasa dan jgn berharap untuk gunung itu meletus ato yang gak gak dan jgn percaya sama mimpi tapi kalau itu terjadi jgn menyesal karana semua akan kembali kepada yang maha kuasa

  83. wah jangan-jangan di 2012 nih……….tattuuuuuuutttttttttt….lari….

  84. bagus artikelnya,,, boleh ngopy ya,, tp tetap dicntumkan ko alamatnya;;

    bnar tu,, kta harus sdar bhwa kiamat sudah dkat,, jadi bnyak2 la berbuat baik,,,

    tapi infonya kurang lengkap,,

  85. SEMOGA TIDK TERJADI BENCANA LAGIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII

  86. Wah ngeri sekali semoga saja tidak meletus,saya yang tinggal di Bengkulu khawatir

  87. waduh………………..gmn ini…………………pusing…………………….ngeks………..

  88. INGAT SUATU SAAT GUNUNG BAWAH LAUT ITU AKAN MELETUS DAN AKAN LEBIH HEBAT DARI KRAKATAU…
    LETUSANNYA AKAN MEMBUAT BUMI BERGUNCANG DAN AKAN TERASA SAMPAI EROPA SANA
    MUNGKIN SEKARANG BELOM ADA TANDA-TANDANYA.
    TETAPI SAYA TELAH DI BERITAHUKAN HAL INI

  89. wah ngeri banget kalo sampe meletus…. bisa tsunami dahsyat setinggi puluhan meter ….

  90. Kami sebagai rakyat peribumi bengkul, sepenuh nya menyerakan semua itu kepada yang kuasa kami yakin ALLAH pasti punya rencana yang lebih indah bagi umatnya

  91. Weleh ngeri ama cuy klu meletus hbs bengkulu dan sktar nya..

  92. Mungkin aja di bengkulu itu terdapat gunung api besar,karna sumatra dilewati ring of fire,dan tempat bertemunya lempeng besar..keterbentukan gunung api bawah laut itu btuh waktu yg amat lama,makanya wajar aja kalo baru terdeteksi sekarang.tapi qta tunggu kpastian aja apa itu bener gunung ato bukan..tapi yang perlu warga sumatra sadari adalah sesar semangko yang terus bergerak dan akan membagi sumatra menjadi 2 bagian dari aceh sampai lampung..yg sabar aja tinggal di negara yang dijuluki ring of fire

  93. waduuuh…! banyak sekali yaaa yang belum ku ketahui. Namun jangan takut.l. semua sdh ada yg ngatur. dg guynung api ada juga manfaatnya…

  94. maaf sebelum nya.. setahu kami bukan di bengkulu.. tetapi gunung terbesar itu ada di belakang pulau nias… diameter kawah nya saja kurang lebih hampir 5km… percaya gak percaya… tergantung saudara2 sekalian.. klo ada yg ahli baca boleh di cek keberadaan nya.. Terima Kasih…

  95. waduh gimana nih, mana bensin habis, ga bisa lari pake ferari, ga bisa renovasi, baiknya terapkan wajip militer untuk meringankan kesedihan korban musibah.

  96. Pindad gag nyesel yah produksi semilyar peluru untuk latihan tentara, hasilnya ternyata Pragram Wajip Militer terbukti meringankan beban kesedihan korban perasaan..

  97. jadi takut nih. kapan ya kepastiannya?

  98. klau meletus…. padank knak gk ya

  1. Ping-balik: Ditemukan Gunung Berapi Terbesar, Bawah Laut Sumatera « tidak menarik

  2. Ping-balik: “Hot News” « LILIEK4EP

  3. Ping-balik: Statistik wordpress Jumat Sabtu Minggu “Bokep melulu” « -bebas berkarya-

  4. Ping-balik: APAKAH RAMALAN THN 2009 AKAN TERBUKTI???DGN DITEMUKANNYA GUNUNG BERAPI RAKSASA DI SUMATERA/BENGKULU « Nimrod hambuako’s Weblog

  5. Ping-balik: DITEMUKAN GUNUNG BERAPI TERBESAR, BAWAH LAUT SUMATERA | Bayt al-Hikmah Institute

  6. Ping-balik: Contoh Berita Bencana Alam Gunung Meletus | Berita Terbaru Dari .Com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: