Jalan Jalan ke Jogja: Misteri Masuk Antara Dua Beringin Kraton.

Malioboro, Parangtritis, Tamansari, Prambanan, Imogiri dll itu biasa. Tapi Misteri Masuk Antara Dua Beringin Kraton?

Blom banyak yang tahu misteri ini. Sekitar 13 tahun yang lalu sempat tren. Bahkan dilombakan. Namanya Lomba MASANGIN. Tapi kayaknya sekarang mulai dilupakan. Pengin tau?

Di alkid, alun alun kidul, pelataran belakang kraton jogja, ada dua pohon beringin kurung. Beringin yang diberi pagar tembok. Bersebelahan barat dan timur. kira kira berada di tengah alun alun. Jarak antara dua pagar itu kira kira 5 meter. Blom ngukur sih.

Ini misterinya.

Anda, dari tepi utara alun alun, berdiri menghadap ke selatan lurus dengan titik tengah antara dua pagar tadi, kemudian kedua mata anda di tutup dengan kain atau apa saja sehingga tidak bisa melihat. Oh ya, jarak tepi alun alun ke pagar pohon beringin kira kira 50 m. Bila anda berjalan lurus ke selatan, logikanya anda akan berhasil melewati celah 5 meter antara pagar tembok tadi.

Tapi bisakah anda?


Banyak yang tidak berhasil. Ada yang menabrak pagar temboknya, ada yang melenceng 1 meter, ada yang melenceng 5 meter, bahkan ada yang kembali ke tempat semula. Seberapa jauh melencengnya adalah tergantung seberapa besar dosa dosa anda, itu tahayulnya. Ada ada saja.

Anda mau coba?.  Biar gayeng,  sebaiknya rame rame. Jadi bisa saling ngerjain.

Posted on November 27, 2007, in jalan jalan ke jogja, Umum and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. gw pernah. nyoba 3 kali. alhasil, mlengos terus. buanyak dosa kali. lucunya, temen gw nyoba pake formula ramuan bikinan sendiri. yaitu melangkah dengan gaya zig-zag. eh, tetep aja mlengos. yo wis lah.

  2. Sama, aku blom pernah goll. E malah gol di gawang sebelah barat.

  3. Ikh, pohonnya spuki banget, gelap, rimbun… kesannya gimana gitu. Anyway, aku pernah lihat di TV deddy corbuzier bisa gol dengan mudah… jangan jangan memang harus pake baju item, bawa ayam item, giginya item… waks, koq jadi ngelantur ;-)

  4. aku baru dari kraton hari sabtu tgl 18 okt 2008 kemaren baru denger crita 2 phon bringn td dr pemandu..ketinggaln banget gw. belum nyobain lagi..
    aku baru aja mikirin penjelasan ilmiah nya tentang area yg bergaung padahal cuma lantai ma atap aja..apa atap dibalik langit2 nya melengkung, sehingga ruang jadi bergaung..?! atau gmana yah..?
    pastilah kraton ini dulunya berwibawa banget…tp sekarang ini kebanyakan PKL nya..malah jd berkesan kumuh ne.. moso didepan halaman mesjid agung ada PKL permanen lg.. merusak kewibawaan…mending ditoto sedemikian rupo.. kesan ku sebagai warga non jogya..sangat menyayangkan keadaan demikian itu..

  5. Hi, baru aja tadi siang mencoba lagi setelah kurang lebih 10 tahun yg lalu coba lewat pohon beringin ini.
    Tadi siang (28 dec 08) diantara keriuhan persiapan malam 1 syuro, gw coba lewat antara pohon beringin. Si penjaga nya wanti2 kalo mau coba ga boleh lebih dr 3 kali. Percobaan pertama, melenceng. Tadi nya udah males coba lagi (puanas rek cuaca nya) tapi si penjaga nyuruh gw nyoba sekali lagi ya udah gw coba. Alhamdulillah percobaan kedua sukses :) gw berhasil masuk diantara dua pohon beringin itu :)
    Bokap nyokap gw juga nyoba ga sukses. Malah ada orang laen yg nyoba lurus cuma 5 langkah sisanya melenceng JAUH banget!
    Apa arti nya? Walahualam.

    # artinya Anda dikabulkan. Dikabulkan lewatnya antara beringin itu. he he…
    Ps: web ini gw temukan di google dengan keyword pohon bringin kraton jogja.

  6. ntar gw nyobain,ah!melenceng ato nggak?klo nggak HEBAAAAATTTTT!!!!!

  7. masa` sih coba ah…

    he he penasaran yach.. makanya kalo ke jogja jangan lupa MASANGIN

  8. aq udah pernah coba c,,
    tapi cuma mlenceng dikit ja,,
    saking senengnya aq coba lagi,,
    jiah,, malah tambah jauh, di coba lagi jauh lagi,,
    waduh,,

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

